Gubernur Siap Jadi Warga Maluku Pertama Divaksinasi COVID-19

Ambon, – Gubernur Maluku Murad Ismail menyatakan siap sebagai orang pertama yang akan divaksin COVID-19 bersama tenaga kesehatan di provinsi ini.

“Saya siap sebagai orang pertama di Maluku yang divaksin COVID-19 pada 15 Januari 2021,” kata Gubernur Murad saat dikonfirmasi di Ambon, Kamis.

Gubernur Murad disela-sela melantik 101 pejabat administrator di Maluku menyatakan siap menjadi contoh bagi masyarakat, sekaligus menyukseskan program pemerintah pusat dalam mengatasi penyebaran pandemi COVID -19 tersebut.

“Jadi saya siap sebagai orang pertama di Maluku yang divaksin,” tegas Gubernur.

Dia menandaskan, penegasannya itu menjawab permintaan Presiden Joko Widodo saat Rapat Terbatas bersama Menteri dan Gubernur, Rabu (6/1), sekaligus menjadi contoh bagi masyarakat.

Gubernur menyatakan rencana divaksinasi pertama itu telah dibicarakan dengan Sekda Kasrul Selang selaku Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Maluku.

“Nanti Sekda akan koordinasi dengan seluruh Wali Kota-Bupati di Maluku agar mereka juga menjadi orang pertama di daerah masing-masing yang divaksin,” katanya.

Gubernur berharap para pejabat, tokoh agama dan pemuka masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat, termasuk memberikan edukasi positif kepada masyarakat terkait berbagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Maluku.

Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Maluku Kasrul Selang menyatakan pelaksanaan vaksin di Maluku secara serentak akan berlangsung pada 15 Januari 2021.

“Vaksinasi serentak tahap pertama di Maluku akan berlangsung di 38 rumah sakit serta di 271 Puskesmas di 11 kabupaten/kota,” katanya.

Sekda membenarkan pihaknya sedang berkoordinasi dengan seluruh Bupati/Wali Kota di Maluku agar bersedia menjadi orang pertama yang divaksinasi di daerahnya masing-masing.

Dia menambahkan, sebanyak 15.120 vial vaksin COVID-19 untuk tahap pertama sedang diamankan instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Karang Panjang, Kota Ambon dan siap didistribusikan ke 11 kabupaten/kota di Maluku.

Vaksinasi tahap pertama diperuntukkan kepada 14.548 orang tenaga kesehatan di 11 kabupaten/kota di Maluku sebagai garda terdepan penanganan pandemi COVID-19.

Khusus di Kota Ambon selain untuk tenaga Puskesmas juga untuk tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh rumah sakit dan instalasi rujukan COVID-19. (Ant)