Nakes di Ambon mulai terima vaksinasi COVID-19 penguat kedua, begini penjelasannya

Ambon – Tenaga kesehatan (nakes) di Kota Ambon, Provinsi Maluku, mulai menerima vaksinasi penguat kedua di setiap fasilitas Kesehatan, kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy.

“Kita telah mulai melaksanakan vaksinasi penguat kedua bagi tenaga kesehatan di kota Ambon, menyusul telah dimulainya booster kedua untuk para nakes oleh Kementerian Kesehatan,” kata Wendy, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, pemberian vaksin COVID-19 akan dilakukan secara bertahap dengan jumlah nakes yang ditargetkan mendapat suntikan vaksin booster kedua sebanyak 3.512 orang.

Jenis vaksin booster kedua yang dipakai, yaitu, Moderna dengan dosis separuh dari dosis vaksin booster pertama.

Baca juga: Dinkes: Ambon kehabisan stok vaksin booster

Ia menjelaskan, sesuai petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi, jenis vaksin yang digunakan untuk booster menggunakan vaksin Moderna, dan untuk booster kedua dengan vaksin Moderna juga.

“SDM kesehatan di kota Ambon seluruhnya menggunakan Moderna, maka akan dilanjutkan (booster kedua) dengan Moderna juga,” katanya.

Wendy menyatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi nakes sejalan kekosongan persediaan vaksin jenis Moderna,
Pfizer dan Astrazeneca karena tingginya animo masyarakat untuk divaksin penguat sejak pemberlakuan aturan vaksin booster bagi pelaku perjalanan.

Capaian vaksinasi booster SDM kesehatan di Kota Ambon tahap satu mencapai 144,28 persen atau 50.067 orang.

Tahap dua sebanyak 133,60 persen atau 4.692 orang. (Ant)