Provinsi Maluku siap jadi tuan rumah API Award tahun 2023, momentum sektor pariwisata

Ambon – Gubernur Provinsi Maluku, Murad Ismail mengatakan Maluku siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar nasional Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2023.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku dalam acara penyelenggaraan malam puncak penganugerahan API Award tahun 2022 di Gedung AAC Dayan Dawoof Universitas Syiah Kuala (USK) Provinsi Banda Aceh.

“Atas nama masyarakat Maluku, kami menyambut baik dan siap menjadi tuan rumah malam API Award tahun 2023 serta mengajak bapak/ibu datang sekaligus berwisata ke Maluku,” kata Gubernur Maluku dalam keterangan di Ambon, Sabtu.

Menurutnya, Maluku terdapat surga tersembunyi dengan keindahan alam, sejarah, serta budaya yang beraneka ragam di 11 kabupaten/kota sehingga akan menjadi pengalaman dan kesan yang tak terlupakan dan ingin kembali lagi bagi siapa pun yang berkunjung.

“Selamat datang di negeri raja-raja, negeri seribu pulau ‘The Spice Islands’,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Affandy Hasanusi, mengajak seluruh pemangku kepentingan khususnya sektor Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi tuan rumah API Award tahun 2023 mendatang.

“Ini menjadi perhatian serius kita semua, Insya Allah Maluku akan menjadi tuan rumah API Award tahun 2023,” kata Affandy Hasanusi.

Ia mengaku bangga atas keberhasilan Kepala Dinas Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Maluku Barat Daya atas capaian dan prestasi terbaik satu nominasi API Award tahun 2022 di provinsi Banda Aceh.

“Dan bagi rekan-rekan kabupaten/kota lainnya untuk tetap semangat dan optimis dalam mengelola destinasi wisata yang ada di kabupaten/kota masing-masing,” pinta Affandy.

Affandy menyatakan bahwa peluang untuk memperjuangkan potensi wisata 11 kabupaten/kota akan menjadi terbaik di kegiatan mendatang. Fokus untuk pengembangan destinasi wisata kabupaten/kota yang ada, 18 nominasi API Award wajib didominasi.

“Kami yakin dengan kesungguhan dan kebersamaan kita semua, apa yang kita cita-citakan untuk kemajuan pariwisata Maluku akan tercapai, dan momentum API Award tahun 2023 di Maluku akan menjadi kebangkitan sektor pariwisata di Maluku,” ucap Affandy.

Dalam malam anugerah API Award 2022 ini provinsi Maluku mendapatkan juara satu untuk Kategori Kampung Adat yakni, Hatu Rutui Kota Ambon, untuk Kategori Atraksi Budaya juara satu adalah Hela Rotan Aboru Kabupaten Maluku Tengah dan untuk juara satu Kategori Destinasi Baru, adalah Pantai Syota Kabupaten Maluku Barat Daya.

Mewakili Gubernur Maluku staf ahli bidang hukum politik dan pemerintahan S Fadlun A. Alydrus yang didampingi kepala dinas Pariwisata kota Ambon Rico Hayat menerima tukar menukar cendera mata dari tuan rumah tahun 2022 kepada tuan rumah tahun 2023 mendatang yakni provinsi Maluku di Kota Ambon. (Ant)