Sambut HUT TNI, Kodam Pattimura gelar Maluku fashion week

Ambon – Jajaran Kodam XVI/Pattimura menggelar peragaan busana bertajuk Maluku Fashion Week 2022 sebagai salah satu rangkaian memeriahkan HUT ke-77 TNI di kawasan Gong Perdamaian dunia, Kota Ambon.

“Maluku Fashion Week adalah sarana komunikasi dan kultural individu maupun kelompok untuk menggambarkan serta mengomunikasikan identitas secara non verbal,” kata Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman saat membuka kegiatan tersebut, Minggu.

Diakuinya peragaan busana bertema ‘Ronda Bagaya Maluku Katong Pung Gaya’ terinspirasi dari Citayam Fashion Week di Kawasan Sudirman Jakarta Selatan yang menyedot perhatian masyarakat, berbagai kalangan pun ikut melenggang di trotoar Dukuh Atas dengan menampilkan macam-macam gaya busana mereka.

“Fenomena Citayam Fashion Week di SCBD adalah keinginan sekelompok orang muda yang butuh ruang untuk menyalurkan minat fashion mereka. Jika hal ini diwadahi, dikelola dengan baik dapat menjadi sarana promosi daerah, maupun pariwisata termasuk di Maluku,” kata Kasdam.

Bertepatan dengan peringatan HUT TNI tahun ini, menurutnya, membuat Pangdam Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa menggagas Maluku Fashion Week di Ambon, dan tidak sekedar mendompleng aksi anak muda di SCBD, tetapi memberikan kesempatan bagi generasi muda di Maluku untuk ikut berkreasi dan menunjukkan bakat mereka.

Acara yang menyedot antusiasme dan perhatian masyarakat yang berbondong-bondong memadati jalan di kawasan Gong Perdamaian dan Lapangan Merdeka untuk memeragakan busana dan gaya mereka.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi anak muda Maluku berekspresi dan menyalurkan bakat serta kreativitas di bidang fashion, dengan mengedepankan budaya orang Maluku,” ujar Kasdam.

Warga yang hadir mengikuti kegiatan itu menampilkan berbagai macam gaya busana mulai dari busana adat tradisional Maluku, busana sehari-hari, busana profesi hingga busana kontemporer. Sejumlah personel TNI, pegawai dan PNS Kodam maupun swasta juga ikut tampil memeragakan busana mereka.

Maluku Fashion Week juga dimeriahkan lomba joget Tiktok serta pameran UMKM di Kota Ambon. (Ant)